RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA FAJAR DUNIA
Mata Pelajaran :
SEJARAH
Kelas / Semester : X / 1 (SATU)
Jumlah Pertemuan : 2 ( Dua )
Indikator
|
:
|
Pembabakan prasejarah Indonesia
1. Perioderisasi
berdasarkan geologi
2. Perioderisasi
berdasarkan arkeologi
Kehidupan manusia purba di Indonesia
|
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan peserta didik dapat
1. Mengidentifikasikan berbagai fosil manusia purba di Indonesia
2. Mengetahui
dan menglestarikan peninggalan budaya pada masa prasejarah
3. Mengidentifikasi
zaman pada masa prasejarah
II. Materi Pembelajaran
·
Kehidupan awal
masyarakat purba di Indonesia
III. Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang dibutuhkan yaitu sekali
pertemuan, dimana terdapat dua jam pelajaran.
IV. Metode Pembelajaran
Diskusi
V. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
-
Salam sapa pada
peserta didik
-
Berdoa bersama
-
Mengabsen peserta
didik
-
Menyampaikan
kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan isi materi yang akan dibahas
2. Kegiatan inti
a. Eksplorasi
·
Guru memberi
penjelasan pembabakan presejarah Indonesia
·
Guru memberi
pengertian dari zaman pada masa prasejarah
·
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
b. Elaborasi
-
Setiap
kelompok dibagi pembahasan
dari setiap zaman pada prasejarah
-
Masing masing
kelompok mencari contoh peninggalan di setiap zaman prasejarah
-
Masing-masing
kelompok membuat pertanyaan untuk kelompok lain
-
Masing-masing
menyanggah jawaban dari pertanyaan yang di berikan
-
Guru akan
memberikan kesimpulan
c. Konfirmasi
-
Guru memberikan
skor terbesar dan penghargaan terhadap juara
-
Bersama-sama
membuat kesimpulan dari materi yang disampaikan
3. Penutup
-
Menyampaikan
rencana pembelajar atau materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya
-
Salam penutup
VI. Penilaian
-
Untuk menilai
ranah pengetahuan peserta didik dilakukan dengan memberikan soal berupa kuis
VII. Sumber Belajar
·
Sumber modul sejarah
·
Sambungan internet
Mengetahui,
Kepala SMA Fajar Dunia
Suparman.
S.Pd.I
|
|
Cileungsi, 19 November 2015
Guru Mata Pelajaran
Hana
Hanifah
|
No comments:
Post a Comment